MENGETIK
1O JARI
|
01
|
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT :
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN
PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
KETERAMPILAN
MENGETIK 10 JARI
EDISI III- 2005
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ............................................................................................................... 3
1 PENDAHULUAN ............................................................................................. 5
1.1 Deskripsi .................................................................................................... 5
1.2 Prasyarat .................................................................................................... 6
1.3 Petunjuk Penggunaan Modul ............................................................... 6
1.4 Tujuan Akhir............................................................................................... 7
1.5 Cek Kemampuan ..................................................................................... 8
1.5.1 Soal Teori
....................................................................................... 8
1.5.2 Soal
Praktek .................................................................................. 9
2 KEGIATAN BELAJAR 1 .............................................................................. 10
2.1 Tujuan ..................................................................................................... 10
2.2 Organisasi
Komputer ........................................................................... 10
2.3 Keyboard
............................................................................................... 12
2.4 Struktur tombol pada keyboard .......................................................... 14
2.5 Rangkuman kegiatan belajar 1
......................................................... 17
2.6 Tugas kegiatan belajar 1 ...................................................................... 18
2.7 Tes formatif kegiatan belajar 1 ............................................................ 18
3 KEGIATAN BELAJAR 2 ............................................................................. 19
3.1 Tujuan ..................................................................................................... 19
3.2 Langkah awal pemelajaran ................................................................. 19
3.3 Tips
menggunakan keyboard ............................................................ 20
3.4 Posisi
tangan pada keyboard ............................................................. 22
3.4.1 Posisi pertama ........................................................................... 22
3.4.2 Posisi kedua
............................................................................... 24
3.5 Latihan Dasar ............................................................................ ..... 26
3.5.1 Latihan penguasaan tombol pangkal ..................................... 26
3.5.2 Latihan penguasaan tombol g ................................................. 27
3.5.3 Latihan penguasaan tombol h ................................................. 27
3.5.4 Latihan penguasaan tombol e ................................................. 27
3.5.5 Latihan penguasaan tombol i .................................................. 28
3.5.6 Latihan penguasaan tombol r .................................................. 28
3.5.7 Latihan penguasaan tombol u ................................................. 28
3.5.8 Latihan penguasaan tombol m ................................................ 29
3.5.9 Latihan penguasaan tombol v ........................................... ..... 29
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n .............................................. 29
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b ............................................... 29
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c ............................................... 30
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma ....................................... 30
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t ................................................ 30
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y ............................................... 31
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o ............................................... 31
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w .............................................. 31
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik ........................................... 31
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan
kanan............... 32
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p ............................................... 32
3.5.21 Latihan penguasaan tombol x ............................................... 32
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q ............................................... 33
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z ............................................... 33
3.5.24 Latihan penguasaan angka - angka .................................... 33
3.5.25 Latihan penguasaan tanda – tanda baca ........................... 34
3.5.26 Latihan mengetik cepat ........................................................... 35
3.6 Tugas kegiatan belajar 2 ..................................................................... 35
3.7 Tes formatif kegiatan belajar 2 ............................................................ 35
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ ..... 36
1. PENDAHULUAN
- Deskripsi
Nama Modul
|
:
|
Keterampilan mengetik 10 jari
|
Kode Kompetensi
|
:
|
TIK.OP01.001.01
|
Ruang lingkup isi
|
:
|
·
Dasar – dasar keyboard
|
|
|
o
Pengertian dan pengenalan Keyboard
|
|
|
o
Pemasangan Keyboard
|
|
|
o
Fungsi dan penggunaan keyboard
|
|
|
·
Mengetik 10 jari
|
Kaitan Modul
|
:
|
Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata
diklat KKPI sebelum melanjutkan ke modul berikutnya.
|
Hasil yang diharapkan
|
:
|
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
mampu:
|
Manfaat di Industri
|
:
|
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
untuk dapat:
|
- PrasyaratUntuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.
- Petunjuk Penggunaan ModulUntuk peserta didik
- a) Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
- Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu yang ditargetkan.
- Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda mengerjakannya.
- Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
- Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
- Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
- Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
- Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada sumber yang lain.
- Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.Untuk guru / instruktur
- Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai daftar bagian modul yang mungkin sulit bagi peserta didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
- Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan setiap peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
- Guru / instruktur hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil (memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
- Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru / instruktur harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan memberikan pertanyaan, soal, test dan sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
- Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara berurutan.
- Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya jawab dan sebagainya.
- Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul yang telah mereka pelajari.
- Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah diverifikasi.
- Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka diberikan modul pengayaan.
- Modul ini merupakan edisi ketiga dari edisi awal materi kurikulum 2004. Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:
- membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;
- Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada, sesuai dengan kondisi setempat.
- Tujuan AkhirSetelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
- memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah satu alat input;
- mengetik 10 jari.
- Cek KemampuanApabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan langsung mengambil unit kompetensi selanjutnya.
- Soal Teori
- Yang dimaksud dengan keyboard adalah:
- Alat untuk melihat hasil ketikan
- Papan tombol ketik
- Alat untuk mencetak
- Program grafik
- Kunci untuk komputer
- Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
- Keyboard Serial
- Keyboard Paralel
- Keyboard PS/2
- Keyboard Wireless
- Keyboard USB
- Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari keyboard?
- Menekan tombol panah pada keyboard untuk menggerakkan kursor
- Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau kecil
- Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
- Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
- Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan layar ke atas
- Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
- 9
- 10
- 11
- 17
- 19
- Fungsi tombol page down adalah:
- Menggerakkan kursor ke kanan
- Menggerakkan kursor ke kiri
- Menggerakkan kursor ke atas
- Menggerakkan kursor ke bawah
- Menggerakkan kursor ke samping
- Soal Praktek
- Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan menggunakan 10 jari (491 karakter).Bila Anda ingin sukses dan berhasil membina teknik mengetik yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek hanya dengan syarat bahwa anda harus mengikuti semua petunjuk pengajar Anda setiap hari. Terutama pikiran Anda harus tenang dan relax tanpa memikirkan yang lain-lain, pusatkanlah perhatian anda pada naskah yang terletak di meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan teratur dengan kecepatan yang sama, usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap pada garis pangkal.
- Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan menggunakan 10 jari (1090 karakter)Menteri Radius Prawiro kemarin mengatakan, tekstil termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.Karena itu, pengusaha tekstil dalam negeri harus mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain yang digemari masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut, perusahaan dapat membuat disain yang paling digemari. Tetapi situasi sekarang ini lain, salah satu produk yang digemari diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan. Sehingga ketika selera konsumen berubah mengarah ke kualitas yang lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu dijual lagi.Masalah kuantitas dan kualitas, selain untuk pasaran dalam negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat ekspor, tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri. Dalam persaingan di pasaran internasional, produsen Indonesia sebaiknya memiliki keterampilan, teknologi tinggi serta efisiensi yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.
2. KEGIATAN BELAJAR 1
- TujuanPada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu keyboard.Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.
- Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti
menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan
peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
- Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
- Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
- Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh
bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Gambar 1.1 Bagian-bagian Komputer
Gambar 1.2 Satu unit komputer
- Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
- Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
- Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses
- KeyboardPenciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
- Keyboard SerialMenggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.Gambar 1.3Port pada keyboard serial
- Keyboard PS/2Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.Gambar 1.4Port pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard
- Keyboard WirelessSesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.Gambar 1.5Keyboard dan mouse wireless
- Keyboard USBKomputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat.Gambar 1.6Konektor USB
- Struktur tombol pada keyboardDari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
- Tombol Ketik (typing keys)Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
- Numeric KeypadNumeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
- Tombol Fungsi (Function Keys)Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
- Tombol kontrol (Control keys)Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).Gambar 1.7Bagian – bagian keyboard
Beberapa fungsi tombol
pada keyboard terdapat pada tabel
berikut ini.
|
Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya
dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
|
|
Tombol CTRL akan berfungsi bila
penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin
saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard,
yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan
menggunakan CTRL-V
|
|
Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan
sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1
biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help
yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
|
|
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,
yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
|
|
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya
sama dengan pilihan tombol OK,
yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter
juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses
pemasukan text.
|
|
Pada Window dialog,
menekan tombol TAB berarti pindah
ke field atau daerah isian atau
pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke
penghentian TAB (tab-stop)
terdekat.
|
|
Menggerakan penunjuk karakter
(kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan
karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Delete
akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana
kursor berada akan terhapus.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Home
akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal
baris dimana kursor berada.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol End
akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir
baris dimana kursor berada.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol PgUp
akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas
sejauh satu layar dari kursor berada
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol PgUp
akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor
berada
|
- Rangkuman kegiatan belajar 1
- Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data secara langsung kepada bagian proses
- Secara fisik, keyboard dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
- Serial;
- PS2;
- Wireless;
- USB.
- Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
- Typing keys;
- Numeric keypad;
- Function keys;
- Control keys.
- Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu QWERTY dan DVORAK.
- Tugas kegiatan belajar 1
- Diskusikan dengan rekan Anda fungsi utama keyboard sebagai alat input.
- Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai jenis – jenis keyboard, terutama dari segi desain ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com, www.howstuffworks.com dan www.whatis.com ).
- Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
- Bukalah aplikasi word processing apa saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol – tombol pada keyboard, kemudian catat dan buat rangkuman korelasi antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar Anda.
- Tes formatif pemelajaran 1Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)3. KEGIATAN BELAJAR 2
- TujuanUntuk apa belajar mengetik 10 jari apabila dengan ‘11’ jari saja pekerjaan sehari – hari telah dapat dilakukan ?Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.Memang seorang teknisi tidak membutuhkan kecepatan dan kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.Kegiatan belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan latihan untuk setiap tombol yang ada pada keyboard. Setiap latihan hendaknya dapat diikuti secara penuh dan bertahap. Jangan melangkah ke latihan berikutnya apabila belum memahami dan menguasai latihan yang saat ini dilaksanakan.
- Langkah awal pemelajaranKetiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan Anda (silakan menggunakan word processing apa pun, mintalah bantuan instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan untuk mengetik keseluruhan kalimat.Pesatnya kemajuan tneknologi informasi dan komunikasi, disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian berkembang menjadi telematika, serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi TIK secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam kesenjangan digital (digital divide). Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita sendiri.
- Hitung waktu yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
- Hitung kesalahan kata dan huruf yang Anda lakukan dalam pengetikan tersebut.
- Ingin mengetik dengan lebih cepat ? Lebih akurat ? Dan lebih Profesional ?
- Tips menggunakan keyboardDi masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
- Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tanganUpayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
- Posisi siku menggantungPastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
- Lemaskan jari telunjuk dan jari manis andaKunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
- Tekan tombol dengan tenangJangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
- Bila tidak sedang mengetikLemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.
- Posisi tangan pada keyboardSecara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.
- Posisi Pertama
Tangan Kiri
|
||||
|
|
|
|
|
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
|
|
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
|
|
|
|
|
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
X
|
|
|
|
|
|
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
3
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
C
|
|
|
|
|
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4 dan 5
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
|
|
|
|
|
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tangan kanan
|
||||
|
|
|
|
|
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
|
|
|
|
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
6 dan 7
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
|
|
|
|
|
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
8
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
,
|
|
|
|
|
|
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
.
|
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
L, ;, ‘ dan Enter
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
- Posisi Kedua
Tangan Kiri
|
||||
|
|
|
|
|
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
|
|
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
|
|
|
|
|
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2 dan 3
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
X
|
|
|
|
|
|
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
C
|
|
|
|
|
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
5 dan 6
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
|
|
|
|
|
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tangan kanan
|
||||
|
|
|
|
|
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
|
|
|
|
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
7 dan 8
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
|
|
|
|
|
Jari Tengah
|
:
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
L
|
|
|
|
|
|
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
.
|
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
|
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
|
|
Baris Ketiga
|
=
|
;, ‘ dan Enter
|
|
|
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
|
|
Baris Kelima
|
=
|
Windows, left click dan ctrl kanan
|
Modul ini menggunakan
cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.
- Latihan DasarBagian ini merupakan latihan – latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai dengan baik.
- Latihan penguasaan tombol pangkalGaris pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali pada posisi garis pangkal.
Tangan kiri: A, S, D dan F Tangan kanan: J, K, L dan ;
Untuk melatih penggunaan
tombol pangkal, ketiklah yang berikut masing – masing 5 baris.
ff ff
ff ff jj
jj jj jj fj fj fj jf jf ff
jj fj fj jf jf
dd dd dd kk kk kk dk
dk kd dk
dd kk fk
jd kj jk kj
ss ll ss ll ss
ll sl ls ls ls js fl
fl dl dl ld js lf ld
aa aa ;; ;; aa
aa ;; ;;
a; a; a;
aj aj aj
f; ka da
ja f;
jaf faj dak kad jad dal lad
sad sak kas dak kal
jak lak
daka kada lasa sala
fasa
asaf asal sadal
akal adas jala
jasa lasak falak
salak jalak fasal
jasad kadal kakak
jajal
jakad sakal kadas
kasad kasal kas dadak sadak saja alas
jaksa ada kala;
kakak ada dada;
jaksa jajal fasal
fasal
- Latihan penguasaan tombol gTombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 barisfg fg gf jg gj dg kg kg sg lg ag jg lg ag jg lg sg dg gdgaf gad gal gas gaj gagak gagad jagad gagal lagak galakgaja jaga gasak gadak gasal gajak gagak gafa gagal gafagalak jagad gagal gagak sagak lagak gafal gafaj lafas gasada gagak galak; galak gagak ada saja; saja gagak fasal
- Latihan penguasaan tombol hTombol h diketik dengan jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.jh jh hj fh hf hk kh hd ha hl sh ah ha hl hsjah fah gah dah sah lah hal has hak hah hag fah dahhajag gadah halal hagal lafah halal kalah lajah sadahhafal hafas hajag jadah asah gajah jaha jasad gajah akallafal gajah salah jagad; kadal salah gajah; kasa jaksa
- Latihan penguasaan tombol eTombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.de de de ed ed ed ke ek fe je fe ge se le ke se dekdede keke dekdek kedked dedak ledas sedak dedes ledaskekal sedah lekah gede jedah lelah gedek saleh hehe
- Latihan penguasaan tombol iTombol i diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.ki ki ki ik ik ik di di fi fi ji ji li si is di ki di diki didi dedi keki sili lisi siki didik dedik didih dedi kekilili leli sisi lidi asih gigi gigih jika alih kaki daki jikildidik didi lihai sedih siji gili gila hilaf fisik sedih lihai
- Latihan penguasaan tombol rTombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.fr fr fr rf rf rf jr jr rj rj gr gr rg rg rh kr dr srfir fer ker lir sir ser ler air lari kari kiri dari kiri ridraki rika geri heri jeri feri seri lira sari deras jari derasera eri geri risa riri kera dera liar riak rial rias rere eri
- Latihan penguasaan tombol uTombol u diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.ju ju ju uj uj uj fu fu uf gu ug hu uh du lu ul suljuju fuju guju huju kuku duduk susu lusu suku ujuk juriujud sujud kuah sauh guruh deru jeruk deruh ragu saguderu saku laku kaku siku rusak luas kura lagu salju gusi
- Latihan penguasaan tombol mTombol m diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.jm jm jm mj mj mj fm mf dm md km mk ms im sm ammia mie mis mid mif mud mur muak muka rame rumahjama jamu jemu mimis mila mimic demi semir mile limauramah samak lemak mika, gama jamak maka mamuk
- Latihan penguasaan tombol vTombol v diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.fv fv fv vf vf vf hv vh fv fv iv vi dv vd vk kv vlvur vir val vak vaf vakir vas vava vasir luv vul vuvur vivavuvu vulva vis vulva vikda vules veksi viksa vulva vevegavur haver juvel livak kurva larva serva vivi vasu suva
- Latihan penguasaan tombol nTombol n diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.jn jn jn nj nj nj jan nam jin jen nevl neni nina nininana makan nian deni senian anin nian mian nisah ninahgung gunung junan fanni nisan hiasan human nunuk navaniur sana sini mina vandal mannen nama nenek nanu niru
- Latihan penguasaan tombol bTombol b diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.fb fb fb bf bf bf jb bj bk bal lab bas buk bek bikinbubuk baba babi bibi bebek lubuk kubu bubur dubur bulubaris bala baker badu babi basi bari bisul beruk babakbani bakmi bendi badak barak benak bivak beruk busuk
- Latihan penguasaan tombol cTombol c diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.dc dc dc ce cd cd kc ck jc ic cl ch gc cg cdcece cuka ceki cucu caca cici cari cicil curi ceri carilahcadu cuad cecis nacis leces lecet licu macu baca ceceb
- Latihan penguasaan tombol komaTombol koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.cucu nenek, anak ibu, adik kakek, lurah, cucu, nenek, ibu,anak, adik, sama, jani, gajah, macan, rusa, camar, kejam,
- Latihan penguasaan tombol tTombol t diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.ft ft ft tf tf tf ft tf lt tl st nt mt tm tn ts st tmfit tek tak tuk tika teri tiku timun teriak tarik titi tektaci tecu tacu taji tareh atgi timun tinggi titing tutiseriti sarut tuan tutu tajah ganti setuju catu sarut tuka
- Latihan penguasaan tombol yTombol y diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.jy jy yj yj hy yh fy yf yt yt ty uy yu yhj yhy juy kuyyeni yuyu yareh yety jaya raya saya daya kayu layuyati gayu hayu masayu dayan citayan cilamaya sayur yari
- Latihan penguasaan tombol oTombol o diketik dengan jari manis kanan ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.lo lo lo so so ko ok do fo jo ho so lo co to vo lololo sono olo solo kodok rokok totok golok holo alo elokolok ojak okumeno bodoh jorok gado cocok odek reokotak olah solo Volvo oyak yoyo yono tono otak olah solo
- Latihan penguasaan tombol wTombol w diketik dengan jari manis kiri ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.sw sw sw ws ws lw lws sws lws cow woll loww sowwwoll wall which saw was who which what who cow wallwolf waht which saw was twi two town khow downjewells giwang hawa mawas sawa ketawa sawo mawar
- Latihan penguasaan tombol titikTombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.ll. s. ol. sw. ll. ss. sws. lolo. so. los. kaos. lolos.hari ini cocok untuk ia bermain. sedang kemarin ia tidak tidurhari ini untuk bermain. sedang kemarin ia tidak cocok saja.yathy sakit hari ini. sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.
- Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kananApabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift kiri yang ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka tombol shift kanan yang ditekan.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.Juni, Korma, Lerry, Itik, Musa, Harry, Unu, Noyo, Juni,Ferry, Gajah, Dick, Sulaiman, Agustus, Gurry, Bakar, Dock,
- Latihan penguasaan tombol pTombol p diketik dengan jari kelingking kanan ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.pp ap sp dp fp lp kp gp tp cp up mp ap wp pp apapa papa panam palu paku pasar patal pagar pagi papapapan gapur cipa yapa peri pakta pastor pondok pantunjapan gapur cipa yapa copot bapak pispot wingpt panuPadi menguning, pastor membaca, Phospor bahan kimia
- Latihan penguasaan tombol xTombol x diketik dengan jari manis kiri ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.sx sx sx xs xs xs lx xl dx xd fx kx xk wx xw kxmax nes lex dex telex xenon ex donex maxy sexy xeresexec laxi maxi taxi rotax xixi xuci telex six taxi laxi cixi
- Latihan penguasaan tombol qTombol q diketik dengan jari kelingking kiri ke atas.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.aq aq aq qa qa jq qj kq qk bq qv cq xq tq rqquin qoqo qaqa Qantas qanqan qimpu quker quares qoqoConqueror makan Quakeer, Queen dinobatkan pada hari ini.
- Latihan penguasaan tombol zTombol z diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.az az az za za za zz za az kz dz zd iz wz qz zq iztaz zat zar zul zone zigzag zamzam zone zitzit zaszas zatIjazah, Zone, Zigzag, Zamzam, Zulkarnaen, Zulham, Zone.
- Latihan penguasaan angka – angkaPengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian yang serius karena tata letak tombol yang agak sukar.Angka 1 : dengan jari kelingking kiri ke atasAngka 2 : dengan jari manis kiri ke atasAngka 3 : dengan jari tengah kiri ke atasAngka 4 : dengan jari telunjuk kiri ke atasAngka 5 : dengan jari telunjuk kiri ke atasAngka 6 : dengan jari telunjuk kanan ke atasAngka 7 : dengan jari telunjuk kanan ke atasAngka 8 : dengan jari tengah kanan ke atasAngka 9 : dengan jari manis kanan ke atasAngka 0 : dengan jari kelingking kanan ke atasKetiklah kata berikut masing – masing 5 baris.a1 a1 a1 1a 1a 1a q1z s1s a1 a1 z1 1z 11 a1 11 s1Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.S2 S2 w2 x2 12 c2 s2 w2 12 s2 w2 12 k2 d2 f2 s2 12d3 d3 e3 e3 d3 de3 dc3 cd3 ce3 ce3 kd3 fr3 gr3 de3Ayah mempunyai cucu sebanyak 3 orang.y4 y4 y4 4y rr4 f4b f4m 4fm 4ry y4r y4 c4f5 f5 5f 5f 5f f5v f5g 5g5 55ff 5f f4g gg4 5f5 f5Rokok 55 express buatan London.j6 j6j y6y j6m j6u 6j6 6u6 6un h6y y6y 6yh 6yn 6ymj6 j6j j6u 6j6 6u6 6um h6y y6y 6yh 6yn 6ym 6ym 6y6Dalam tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.J7 j7j ju7 jm7 yu7 7un ju7 u7j j7j 7j7 j7j 7uj 7ujSatu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.k8 k8k 8k8 ki8 dk8 8ki 88k 8d8 8dk d8i dk8 88il9 l9l 99 lo9 sl9 sl9 l9l 99s oo9 ll9 9l9 o9o ao9 9ol1a 10 100 010 1p p1 p0 001 0p1 101 000 0p p1
- Latihan penguasaan tanda – tanda bacaUntuk tanda – tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau kanan dan selanjutnya menekan tombol angka yang sesuai.Untuk tanda – tanda baca yang terletak di sebelah kanan, diketik dengan menggunakan jari kelingking kanan.Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah.Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.PT. “SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.5% dari 10.000 kg = 500 kgL = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.$ = Dollar adalah mata uang USA.(Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas Jakarta
- Latihan mengetik cepatKetiklah kalimat – kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit (100 hentakan per – menit).mantu kemu manuk maman mimic merah majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan adiknya baru besuk orang sakit bandi selalu pergi ke pasar malam tiap hari membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela cebe lombok cantik xermon texas taxi maxi express volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco dagama azan wazir bravo the quick bravo zarah azam azar vas bunga layu lemah gemulai tenang tidur siang
- Tugas kegiatan belajar 2
- Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian pada SMK yang saat ini Anda geluti. Tulis esai tersebut dengan mengetik pada komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10 menit.
- Ceritakan makna gambar di samping dengan gaya bahasa dan nalar Anda sendiri.Tuliskan pada komputer dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter 500 - 600 dan waktu kurang dari 5 menit.
- Tes formatif kegiatan belajar 2Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs, Pelajaran
Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun
Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
www.ilmukomputer.com
www.whatis.com
www.howstuffworks.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar